Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menguak Asal-Usul dan Sejarah Kuntilanak, Mitos atau Sungguh Nyata?

Saat malam tiba dan angin malam berhembus pelan, seringkali pikiran kita melayang ke cerita-cerita horor yang mencekam. 

Di Indonesia, salah satu sosok yang paling menghantui pikiran kita adalah kuntilanak. Mahluk ini, dengan tangis lirih dan penampilan yang menyeramkan, telah menjadi bagian dari cerita rakyat yang diwariskan turun-temurun. 

Tetapi dari mana asal muasal kuntilanak, dan mengapa ia begitu menakutkan? Yuk, kita ulas lebih dalam mengenai sejarah, ciri-ciri, dan perannya dalam budaya populer.

Asal Usul Kuntilanak: Legenda yang Tak Lekang oleh Waktu

penampakan umum kuntilanak
penampakan kuntilanak dalam wujud menyeramkan

Kuntilanak, sering juga disebut sebagai pontianak di beberapa daerah, adalah hantu perempuan yang seringkali dikaitkan dengan kematian akibat melahirkan. Sosok ini merupakan salah satu entitas supernatural yang sangat populer di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Kata "kuntilanak" sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Melayu kuno, yaitu "kuntil" yang berarti wanita, dan "anak" yang berarti anak atau bayi, merujuk pada hubungan hantu ini dengan kematian tragis saat melahirkan atau meninggal dengan janin yang belum lahir.

Dalam berbagai cerita rakyat, kuntilanak muncul sebagai arwah penasaran yang tak bisa menemukan kedamaian. 

Dikatakan bahwa kuntilanak gentayangan untuk mencari bayi yang telah direnggut darinya atau membalas dendam pada mereka yang menyebabkan kematiannya. 

Kisah ini beresonansi kuat di masyarakat kita yang memegang erat nilai-nilai keibuan, menjadikan kuntilanak sebagai representasi dari kesedihan dan keputusasaan yang sangat dalam.

Dalam masyarakan kekinian, ternyata horor yang ditebar kuntilanak tidak juga hilang. Beberapa sering menyebutnya Ms Kei atau Ms K atau Mbak Kunti, entah dalam cerita kesaksian palsu, humor-humor di tongkrongan atau upaya menakut-nakuti anak kecil. 

Hantu yang Menjerit dan Mengundang Teror

Apa yang membuat kuntilanak begitu menakutkan? Dalam cerita tradisional, ia digambarkan sebagai wanita berpakaian putih dengan rambut panjang terurai dan wajah pucat menyeramkan. 

Kuntilanak seringkali muncul di tengah malam, terutama di dekat pohon besar atau tempat-tempat yang dianggap angker. Konon, suaranya yang berupa tangisan lirih atau tertawa kecil menjadi tanda bahwa kuntilanak ada di dekat kita.

Ada mitos yang mengatakan bahwa semakin jauh suara tangis kuntilanak terdengar, sebenarnya ia semakin dekat. Begitu pula sebaliknya—jika terdengar dekat, kuntilanak justru masih berada di kejauhan. Ini adalah salah satu ciri khas yang membuatnya sulit diprediksi dan menciptakan rasa takut yang mendalam.

Di beberapa daerah, kuntilanak diyakini sering berada di tempat-tempat sunyi seperti hutan, rumah kosong, atau dekat aliran air. 

Orang tua zaman dulu juga sering memperingatkan anak-anak untuk tidak bermain di luar rumah saat maghrib, karena kuntilanak suka berkeliaran pada waktu itu.

Meski demikian jangan takut karena sekarang sudah ada cara mengusir kuntilanak yang katanya manjur.

Peran Kuntilanak dalam Mitos Lokal

Selain cerita tentang dendam dan kehilangan, ada banyak versi cerita yang berkembang tentang kuntilanak. Di Jawa, kuntilanak seringkali dikaitkan dengan pohon pisang. 

Konon, kuntilanak senang bersemayam di dalam pohon ini, dan mereka yang dengan berani menancapkan paku ke batang pohon pisang tersebut dapat menaklukkan kuntilanak, bahkan konon bisa mengawininya—mitos yang tentu saja mengerikan dan tidak masuk akal, tetapi cukup populer.

Di Kalimantan Barat, kuntilanak memiliki sebutan lain, yaitu Pontianak, dan legenda ini begitu kuat di sana hingga ibu kota provinsi, Kota Pontianak, mengambil namanya dari hantu ini. 

Bahkan, mitos setempat mengatakan bahwa kota ini dulunya didirikan di lokasi yang konon merupakan sarang kuntilanak, sehingga Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadrie, pendiri kota tersebut, menembakkan meriam untuk mengusir makhluk gaib sebelum membangun wilayah itu. Sampai saat ini, tradisi menembakkan meriam tetap dijalankan, terutama saat bulan Ramadhan.

Kuntilanak dalam Budaya Populer, Dari Novel hingga Layar Lebar

Seiring dengan perkembangan zaman, kuntilanak tidak hanya hidup dalam cerita rakyat, tetapi juga berkembang menjadi ikon horor dalam budaya populer Indonesia. 

Banyak film, sinetron, dan novel yang mengangkat kuntilanak sebagai tokoh utama. 

Salah satu yang paling dikenal adalah film Kuntilanak (2006) karya Rizal Mantovani, yang memperkenalkan versi modern dari legenda ini dengan sentuhan khas horor Indonesia.

Film tersebut bercerita tentang Samantha, seorang wanita muda yang tanpa sengaja memanggil kuntilanak melalui sebuah ritual. 

Karakter kuntilanak dalam film ini sangat efektif menanamkan kengerian melalui visual yang kuat, seperti sosoknya yang tiba-tiba muncul dengan senyum menyeramkan atau tawa yang menggema. 

Film Kuntilanak sukses besar dan menghasilkan beberapa sekuel, memperkokoh posisi kuntilanak sebagai salah satu ikon horor Indonesia.

Dalam dunia sastra, kuntilanak juga sering muncul sebagai subjek utama dalam novel-novel horor. 

Penulis seperti Risa Saraswati, dengan bukunya Danur, sering menggambarkan pengalaman pribadi dengan makhluk halus, termasuk kuntilanak. 

Kehadiran kuntilanak dalam buku-buku ini semakin menambah pesona dan rasa penasaran akan sosok mistis ini.

Mengapa Mitos Kuntilanak Begitu Memesona?

kuntilanak, hantu yang memburu anak-anak
kuntilanak, hantu yang memburu anak-anak

Mungkin salah satu alasan mengapa kuntilanak begitu bertahan dalam mitos dan budaya populer adalah karena ia menyentuh sisi emosional yang mendalam. 

Cerita tentang ibu yang kehilangan anak atau wanita yang mati dengan tragis adalah tema universal yang bisa dimengerti oleh banyak orang. 

Sosoknya yang mengerikan sekaligus penuh kesedihan menciptakan kontras yang menarik antara horor dan empati.

Selain itu, kuntilanak juga mencerminkan rasa takut kita akan hal-hal yang tak bisa dijelaskan, hal-hal yang tak terlihat namun terasa nyata. 

Di tengah dunia modern yang serba rasional ini, mitos kuntilanak mengingatkan kita bahwa ada bagian dari dunia yang tetap misterius dan sulit dijangkau oleh logika.

Tetap Hidup di Tengah Modernitas

Meski teknologi dan zaman semakin maju, legenda seperti kuntilanak tetap hidup dan relevan. 

Keberadaannya dalam cerita rakyat maupun budaya populer seperti film dan novel menunjukkan betapa kuatnya pengaruh mitos ini dalam membentuk identitas kultural kita. 

Kuntilanak bukan sekadar sosok yang menyeramkan, tetapi simbol dari rasa takut, kehilangan, dan misteri yang akan terus menghantui dan memikat kita selama kita masih percaya pada dunia yang lebih besar daripada yang tampak.

Bahkan saking populernya ms K, Catatan Adi memasukkan kuntilanak sebagai satu dari 50 hantu paling terkenal di Indonesia

Jadi, lain kali saat mendengar angin malam berdesir atau suara tawa samar, mungkin saja kuntilanak tengah mengintai, mengingatkan kita bahwa di balik dunia yang kita kenal, ada yang tak bisa dijelaskan.

Tertarik dengan konten-konten horor yang membuat bulu kuduk berdiri? Kenapa tidak membaca artikel-artikel menarik di bawah ini. Baca ya, atau nanti malam ada yang merangkak di bawah tempat tidurmu!

6 Riddle Mencekam dan Menegangkan

Nyaris Diperkosa Hantu Pembunuh

Tuyul, Pesugihan Ala Setan Gundul

Mitos dan Fakta Hantu Kuyang dari Kalimantan

Hantu Paling Menakutkan, Hantu Kemiskinan

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

11 komentar untuk "Menguak Asal-Usul dan Sejarah Kuntilanak, Mitos atau Sungguh Nyata?"

  1. Tadinya aku bertanya2 kok kak Adi ngapain sih bahas2 kuntilanak.
    Tapi gara2 tulisan ini aku malah jadi tau banyak hal baru tentang mahluk satu ini.
    Sejujurnya aku penakut bangeeeeet, tapi tak terusin baca saking penasarannya sambil ngintip2 kalo ada foto menyeramkan lainnya hahhaa
    Defenisi takut2 tapi penasaran...

    BalasHapus
  2. Untuuuung bacanya langit masih terang... hhh... saya tandain deh blognya mas adi, bacanya kudu langit terang. kalau dah malam mending besok paginya aja.. hahaha.. saya penakut soalnya, Mas. Tapi jujur saya baca ini dapat insight baru, baru tau kalau pontianak itu artinya sama dengan kuntilanak. Masih banyak ga ya mba2 kunti yang tersisa?

    BalasHapus
  3. Mba Kunti...memang seringkali muncul di berbagai cerita yang sukses bikin pembaca ataupun penonton seperti saya merinding diskoo..kwkw
    Uniknya di belahan dunia lain versi hantunya berbeda ya
    Apapun itu saya juga termasuk yang yakin bahwa mereka ada. Maka selayaknya makhluk yang berbagi dunia ya kita mesti menghormati dan tak mengganggunya.

    BalasHapus
  4. Kalau sebutan paling hits adalah Mbak Kunti dengan tawanya yang khas hahaha. Dan Mbak kunti ini salah satu hantu populer juga di Indonesia, bahkan banyak difilmkan juga. Kalau di Sulawesi Selatan, ada Hantu Poppo kalau malam selalu bilang poppo.. poppo... dan Parakang yang suka menghisap darah, Mas.

    BalasHapus
  5. Ya ampun Mas Adi pembahasannya rinci betul deh hahaha. Saya setuju loh kalau kuntilanak itu dijadikan ikon horornya Indonesia. Sebelum ada atau muncul segala macam jenis perhantuan di tanah air, kuntilanak itu sudah ngetop duluan. Apalagi di zamannya Suzanna. Kalau saya percaya dengan dedemit yang satu ini Mas karena pernah melihat dan mengalami sendiri saat masih SMA dan pergi menginap di rumah teman di seputaran Jawa Timur. Rumahnya kebetulan bangunan tua (zaman Belanda) dan sudah ikutan "tinggal" di sana selama ratusan tahun.

    BalasHapus
  6. Hihi, Mas Adi kok sampai kepikiran bikin tulisan khusus tentang asal usul Kuntilanak sih.
    Btw ternyata ada mitosnya berkaitan juga dengan asal-usul nama Pontianak ya.

    BalasHapus
  7. Syukurlah blog walking ke sini gak pas malam tadi tapi pas siang ini wkwkwk.
    Soalnya kalo bahas ikon horor yang satu ini, agak gimana gitu, takut ya ngeri tapi berusaha biasa aja

    BalasHapus
  8. Hantu bergaun putih berrambut panjang ada di seluruh dunia. Di Indonesia dilokalkan dengan kuntilanak. Di Jawa berkembang pula menjadi entitas baru bernama sundel bolong. Keduanya sering disamakan.

    BalasHapus
  9. Ini tuh anakku lagi seneng-senengnya nonton film horor. Entah karena temennya bilang "Eh ada film hantu bagus di Netflix.." Aduduu.. kalau ngliat aja tuh aura serem dan merindingnya uda dapet banget. Makanya film horor Indonesia memang paling juara.

    Mungkin karena dekat dekat keseharian kita dan juga efek psikologis dari kengerian itu juga berakibat kuntilanak ini tergambar kuat di benak masyarakat Indonesia.

    Tapi sebenernya, mereka itu beneran adakah?
    Eh, aku jadi kek nantangin yaa.. engga engga.. engga mau ketemu juga.

    BalasHapus
  10. Menarik temanya, selama ini aku gak peduli asal usulnya si kunti, eh pas baca tulisan ini jadi tau. Tetep jadi primadona ya dia, dari aku kecil sampe hampir 40 th ini kuntilanak selalu disebut buat nakut-nakutin

    BalasHapus
  11. Aku jadi teringat film berjudul Kuntilanak yg begitu fenomenal beberapa tahun lalu yg diperankan Julie estelle yg menandakan kebangkitan film horor di Indonesia dari "mati suri"
    Dan aku juga denger katanya sosok ini pun ada berbagai macam kaya kuntialanak merah, hitam , dsb.

    BalasHapus