Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemikiran Thomas Aquinas, Menjembatani Filsafat dan Teologi

Thomas Aquinas adalah salah satu filsuf dan teolog paling berpengaruh dalam sejarah pemikiran Barat. Lahir pada tahun 1225 di Roccasecca, Italia, Thomas Aquinas tumbuh dalam suasana yang dipengaruhi oleh Gereja Katolik, monarki, dan kebangkitan filsafat Yunani klasik. Karyanya yang paling monumental, Summa Theologica, telah menjadi fondasi utama bagi pengembangan teologi dan filsafat Kristen hingga hari ini. Inti dari pemikiran Thomas Aquinas adalah upayanya untuk menyelaraskan antara iman dan akal, antara ajaran agama dan filsafat, khususnya filsafat Aristoteles.

Pada masa hidupnya, kondisi politik dan sosial Eropa berada dalam periode perubahan besar. Di bawah kekuasaan monarki feodal dan Gereja Katolik Roma yang kuat, para filsuf dan teolog banyak terpengaruh oleh filsafat Yunani yang baru saja diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Salah satu pengaruh besar pada pemikiran Thomas Aquinas adalah filsafat Aristoteles, yang karyanya menjadi semakin terkenal di Eropa pada masa itu.

Pemikiran Thomas Aquinas
Pemikiran Thomas Aquinas

Jembatan Antara Iman dan Akal

Thomas Aquinas percaya bahwa manusia memiliki dua cara untuk mengenal Tuhan: melalui wahyu ilahi (iman) dan melalui penalaran alamiah (akal). Dalam pandangannya, iman dan akal tidak saling bertentangan, tetapi justru saling melengkapi. Salah satu kutipan terkenal Thomas Aquinas berbunyi:

"Faith has to do with things that are not seen, and hope with things that are not at hand."

Bagi Aquinas, akal manusia mampu memahami banyak aspek dari alam semesta yang diciptakan Tuhan, tetapi untuk mengetahui hal-hal yang lebih tinggi seperti esensi Tuhan, manusia memerlukan iman. Misalnya, kita dapat memahami adanya Tuhan melalui bukti-bukti rasional, seperti Lima Jalan atau Quinque Viae Aquinas, yang mengandung argumen-argumen tentang keberadaan Tuhan berdasarkan observasi terhadap alam semesta.

Contoh sederhananya, dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin tidak dapat melihat angin, tetapi kita dapat merasakan keberadaannya melalui pergerakan daun. Ini mirip dengan cara Aquinas menjelaskan bagaimana akal manusia bisa mengenal Tuhan—melalui efek ciptaan-Nya di alam semesta, meski esensi Tuhan sendiri melampaui pemahaman manusia sepenuhnya.

Lima Jalan: Bukti Rasional Keberadaan Tuhan

Inti dari pemikiran Thomas Aquinas tentang eksistensi Tuhan tercermin dalam konsep Lima Jalan. Kelima argumen ini membuktikan keberadaan Tuhan dengan cara yang logis dan ilmiah pada zamannya. Berikut adalah penjelasan singkat dari Lima Jalan:

  • Gerakan: Segala sesuatu yang bergerak pasti digerakkan oleh sesuatu yang lain. Karena tidak mungkin ada gerakan tanpa penggerak pertama, maka penggerak pertama ini adalah Tuhan.
  • Sebab Akibat: Setiap sebab pasti memiliki akibat, dan rantai sebab-akibat ini tidak bisa berlanjut tanpa batas. Oleh karena itu, harus ada sebab pertama, yaitu Tuhan.
  • Keberadaan yang Bergantung: Segala sesuatu yang ada bergantung pada sesuatu yang lain untuk eksistensinya. Namun, harus ada sesuatu yang tidak bergantung pada apapun, yaitu Tuhan.
  • Kesempurnaan: Di dunia ini, ada berbagai derajat kesempurnaan. Karena ada tingkatan kesempurnaan, pasti ada satu makhluk yang sempurna secara mutlak, yaitu Tuhan.
  • Tujuan atau Desain: Semua hal di alam semesta bergerak ke arah tujuan tertentu. Karena mereka tidak mungkin bergerak dengan sendirinya, harus ada pengarah yang cerdas, yaitu Tuhan.

Melalui argumen-argumen ini, Aquinas mencoba untuk memberikan bukti rasional bahwa Tuhan ada dan menjadi pengatur dari segala yang ada di alam semesta. Ini adalah salah satu cara bagaimana Thomas Aquinas menyatukan filsafat dan teologi, iman dan akal.

Pengaruh Aristoteles

Pengaruh terbesar dalam pemikiran Thomas Aquinas adalah filsafat Aristoteles. Aquinas mengadopsi banyak gagasan Aristoteles, terutama tentang metafisika, etika, dan logika. Aristoteles meyakini bahwa semua yang ada memiliki substansi dan accidens, konsep yang diadaptasi oleh Aquinas untuk menjelaskan sakramen dalam teologi Katolik. Sebagai contoh, dalam Ekaristi, meskipun roti dan anggur secara fisik tetap tampak sebagai roti dan anggur, substansi mereka berubah menjadi tubuh dan darah Kristus.

Dengan menggunakan kerangka kerja Aristoteles, Thomas Aquinas mengembangkan konsep hylomorphism, yaitu gagasan bahwa semua benda terdiri dari materi dan bentuk. Ini membantu Aquinas menjelaskan banyak aspek dari dunia material dan spiritual, yang mempengaruhi perkembangan teologi dan filsafat Katolik.

Pemikiran Setelah Thomas Aquinas

Pengaruh Thomas Aquinas sangat luas dan berkelanjutan. Setelah kematiannya pada tahun 1274, pemikiran Thomas Aquinas terus dikaji dan dikembangkan oleh banyak filsuf dan teolog, terutama dalam tradisi skolastik. Salah satu filsuf yang paling terkenal setelah Aquinas adalah Duns Scotus, yang juga banyak mempengaruhi pemikiran teologi Katolik. Meskipun Scotus berbeda pendapat dengan Aquinas dalam beberapa hal, seperti pandangan tentang kemutlakan kehendak Tuhan, ia tetap menghormati pendekatan Aquinas yang berbasis akal.

Pada abad berikutnya, neo-thomisme berkembang sebagai upaya untuk menghidupkan kembali pemikiran Thomas Aquinas, terutama setelah Gereja Katolik mengadopsi karyanya sebagai bagian dari ajaran resmi dalam Konsili Trente pada abad ke-16.

Beberapa tokoh dunia juga memberikan apresiasi terhadap pemikiran Thomas Aquinas. Paus Leo XIII, misalnya, memuji Thomas Aquinas sebagai "filsuf dan teolog terbesar Gereja," dan mempromosikan studinya di universitas Katolik seluruh dunia. G.K. Chesterton, seorang penulis dan filsuf Inggris, juga memandang Aquinas sebagai "pembela akal sehat" karena pendekatannya yang seimbang antara iman dan rasionalitas.

Relevansi Pemikiran Thomas Aquinas Hari Ini

Pemikiran Thomas Aquinas tetap relevan hingga saat ini. Dalam dunia modern yang sering kali mengadu domba antara sains dan agama, gagasan Aquinas tentang hubungan harmonis antara akal dan iman bisa menjadi pelajaran penting. Misalnya, ketika membahas topik seperti penciptaan alam semesta, Aquinas menawarkan jalan tengah yang bisa diterima oleh mereka yang berpegang pada sains maupun agama.

Selain itu, konsep etika Thomas Aquinas juga berkontribusi dalam perkembangan etika modern. Ide-idenya tentang hukum alam (natural law) yang didasarkan pada rasionalitas manusia telah mempengaruhi pemikiran politik, hukum, dan hak asasi manusia.

Thomas Aquinas, Rekonsiliasi antara Filsafat dan Agama

Thomas Aquinas, dengan pendekatannya yang mendamaikan iman dan akal, tetap menjadi salah satu tokoh terpenting dalam sejarah filsafat dan teologi. 

Pemikiran Thomas Aquinas yang menggabungkan pemikiran Aristoteles dengan ajaran Kristen memberikan fondasi intelektual yang kokoh bagi Gereja Katolik dan perkembangan filsafat Barat. Dengan Lima Jalan sebagai bukti rasional keberadaan Tuhan, Aquinas membuktikan bahwa akal dan iman tidak harus dipisahkan.

Pemikirannya terus hidup dalam karya-karya teolog, filsuf, dan bahkan politikus yang menghargai keseimbangan antara rasionalitas dan spiritualitas. 

Di dunia yang terus berkembang, pemikiran Thomas Aquinas masih memberikan landasan untuk refleksi intelektual yang mendalam mengenai hubungan manusia dengan Tuhan, alam semesta, dan sesama manusia.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Pemikiran Thomas Aquinas, Menjembatani Filsafat dan Teologi"