Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mitos dan Fakta Kuyang dari Kalimantan

Hantu kuyang adalah sejenis makhluk mengerikan yang sangat ditakuti masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di Pulau Kalimantan.

Ada banyak versi mengenai keberadaan dan penampakan hantu ini, namun secara umum kuyang sering didefinisikan sebagai siluman yang berbentuk setengah manusia berjenis kelamin perempuan.

Daftar Isi:

Wujud Kuyang 

Kuyang memiliki wujud yang sangat mengerikan. Hantu ini sering digambarkan dalam bentuk kepala manusia tanpa badan dengan usus dan organ dalam yang menjuntai dari leher. Matanya bulat membelalak sedang mulutnya terbuka lebar. Lidahnya juga menjulur seperti seseorang yang kelaparan dan ingin segera menyantap sesuatu.


Hantu Kuyang / Catatanadi.com
(Kuyang / sumber)

Entah mengapa semua Kuyang digambarkan berjenis kelamin perempuan. Apakah ini ada hubungannya dengan ilmu hitam untuk tetap awet muda dan mempertahankan kecantikan? Mungkin saja.

Asal Usul Kuyang

Banyak cerita yang beredar di masyarakat mengenai asal muasal Kuyang. Semuanya berkembang dengan versinya masing-masing. Manakah yang benar. Kali ini Catatan Adi akan merangkum sebagian di antaranya.

Arwah Penasaran

Ada versi yang walau tidak cukup populer namun sempat berkembang cukup luas mengenai asal muasal hantu Kuyang.

Jadi siapakah kuyang? Ternyata hantu ini berasal dari arwah penasaran para wanita yang dibunuh atau mengalami kekerasan. Mereka bergentayangan dan mencari korban untuk kemudian dicelakai.

Siluman

Selain sebagai arwah penasaran yang bergentayangan menuntut balas, Kuyang juga disebut adalah salah satu dari bangsa siluman yang jahat.

Sebagai siluman, Kuyang memang harus memangsa korbannya. Ia disebut memiliki kemampuan yang mengerikan seperti terbang, menembus tembok dan tak mempan senjata.

Penganut Ilmu Hitam

Versi yang lebih populer mengatakan bahwa Kuyang pada dasarnya adalah manusia biasa. Mereka adalah para wanita yang ingin mempertahankan kecantikannya agar abadi dan tak tergerus waktu. 

Untuk mendapatkan kemampuan awet muda tersebut, para wanita ini kemudian mempelajari ilmu hitam yang mengharuskan mereka memakan korbannya, yakni bayi dan janin yang masih dalam kandungan.

Wanita Terkutuk

Selain sebagai penganut ilmu hitam, Kuyang juga dikatakan adalah wanita yang dikutuk, sehingga pada waktu-waktu tertentu mereka akan bergentayangan dengan kepala tanpa badan, namun usus dan tulang belakang menjuntai lalu memangsa para korbannya.

Teror Kuyang

Entah benar atau tidak namun ketakutan akan hantu Kuyang benar-benar membuat masyarakat resah. Pada jaman dahulu, santer diberitakan banyak kasus bayi menghilang atau lenyap karena dimangsa Kuyang. Seperti apa Kuyang meneror korban-korbannya. Catatan Adi akan merangkum untuk Anda.

Menyamar dan Mengambil Janin

Ada isu yang cukup menghawatirkan yang berkembang di masyarakat. Di beberapa daerah di Kalimantan, orang-orang percaya jika ada ibu yang hamil, maka itu akan menjadi magnet bagi kedatangan Kuyang.

Kuyang dipercaya bisa menyamar menjadi apa saja, seperti : kucing, anjing, babi hutan, wanita, anak-anak, bahkan salah satu dari keluarga korban. Ia akan berusaha mendekati sang ibu lalu kemudian merampas janin atau bayinya. Tentu ini sangat menakutkan.

Cara Melawan Kuyang

Demi mengantisipasi hal tersebut, banyak orang rela bergadang dan menjaga salah satu dari anggota keluarga mereka yang sedang hamil. Orang-orang ini rela berjaga siang dan malam. Para penjaga biasanya mempersenjatai diri dengan panah, berbagai senjata tajam, tongkat pemukul, obor, jaring hingga jimat keramat.

Dahulu, banyak juga ibu hamil yang diungsikan ke tempat yang lebih aman. Sedang bagi para perantau, mereka lebih memilih pulang kampung dan melahirkan di luar Kalimantan demi keselamatan diri.

Hoax Kuyang

Fenomena tentang Kuyang ini nampaknya akan selalu laris manis. Hal ini bisa saja sebagai bukti bahwa dahulu memang banyak bergentayangan Kuyang dan para saksi hidup yang mengalaminya masih sangat trauma.

Sayangnya ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang membuat hoax tentang Kuyang, mulai dari foto hingga video. Biasanya mereka akan mengunggah itu ke Youtube, Facebook, Instagram atau Line dengan disertai narasi yang menyesatkan.


Hoax Kuyang / catatanadi.com
(Salah satu Hoax Kuyang / sumber)

Sekarang semua kembali kepada kita. Akankah kita mempercayai keberadaan makhluk mengerikan yang satu ini. Namun bersikap waspada dan hati-hati nampaknya adalah pilihan yang paling tepat, terlepas ada tidaknya Kuyang.


-------------------------------------------------------------------------

Perhatian : 

Silahkan menikmati semua konten yang ada di blog ini. Jangan lupa untuk senantiasa mendukung kami dengan memberikan komentar positif atau membagikan artikel ini ke sosial media Anda. 

Dilarang Keras memplagiat artikel ini. Jika ingin mengutip, dipersilahkan untuk mencantumkan kredit melalui tautan aktif menuju blog ini. 

Baca juga artikel lainnya mengenai hantu, misteri, fenomena dan supranatural hanya di rubrik misteri di Catatan Adi.

Kunjungi juga Daftar Hantu Indonesi Terlengkap. Terima kasih sudah membaca. 
Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Mitos dan Fakta Kuyang dari Kalimantan"